Halaman

Jumat, 10 Agustus 2012

Kota BATIK di PEKALONGAN


28 juli 2012, 8 orang mahasiswa merencanakan pergi ke pekalongan sebut saja nama kerennya “touring”. Siapa saja 8 mahasiswa tersebut, oke ini dia, perkenalkan satu-satu..

Yang pertama :
fa... foto nya kebalik.. sorry :)
M. IRFA TRIHATMOJO, asli dari pekalongan mahasiswa fakultas peternakan dan pertanian UNDIP 2011...
Panggil saja dia dengan sebutan irfa.. ini dia orangnya yang suka nasihatin mahasiswa satu kelas tentang cinta, petuahnya tentang cinta sudah gak diragukan lagi..

Yang kedua..
maharullah dan si birunya
Maharullah, asli palembang fakultas peternakan dan pertanian UNDIP 2011, “cah touring”
Bisa dipanggil maha.

Yang ketiga,
rio sunaryo putra pratama
RIO SUNARYO, naaah ini dia komedian kita, dia berasal dari bekasi, fakultas yang sama juga dengan maha dan irfa, biasa di panggil “rio”..

Ke empat,
beta ayu pramesti
BETA AYU PRAMESTI, asal brebes, fakultas yang sama juga buuung...
Panggilan beta, (hindari kata-kata jika ada huruf “R”.. oke? Haha)

Ke lima..
ahmad walyudi
Ahmad walyudi, asal dari patiii.. fakultas peternakan dan pertanian UNDIP 2011 juga,
Ini dia bodyguard kita, dari atas sampe bawah orang-orang bisa menyimpulkan si “wals” nama kerennya, kalau dia adalah preman.. haha pisss  becanda yuud (tampang boleh preman, tapi hati beriman dan otak ilmuan yak..)

Ke enam..
zia zannititah pawana dan si merah
Ini aku.. nama lengkap zia zannititah pawana, biasa di panggil “kapten” ntah kenapa nama itu sudah melekat padaku, (kasian orang tua di lombok, kasi nama anaknya itu sampe numbangin kambing tau.. :D)
Asli dari lombok, “pedes bung”

Ke tujuh..
garnis retnaningrum

Garnis retnaningrum, asli dari balikpapan, dia ini tamu kita yang pertama, dia dari fakultas kedokteran-ilmu gizi..

Ke delapan,
lupa namanya siapa?
Tamu kedua kita, lupa namanya, ini temennya irfa.. dia dari pekalongan asli juga mahasiswa D3 teknik arsitektur..

Oke perkenalannya cukup sampai disini.. mari kita mulai ceritanya..

Tour ke pekalongan ini dilatarbelakangi oleh dua faktor, yang pertama mau cari batik (biasa.. oleh-oleh buat ortu dirumah) dan yang kedua adalah melepas penat, penat dari tuntutan-tuntuan organisasi yang hingga kini belum selesai-selesai, (padahal ini jamnya buat di pangkuan si bunda) haha... kenapa masih berlanjut hingga kini..

Oh  iya kelupaan, tour ini begitu luar biasa, karena di BULAN SUCI RAMADHAN, panas panas, laper laper iseng pergi tour.. hmm tapi ini dia letak sensasinya, yang kedua dilihat dari tamu kita tadi, tamu spesial..

Scene one....

Persiapan I. Beta dan irfa standby di kos tercinta “kamar horror/green room/kamar galau” dan masih banyak sebutan buat kamar ku ini..
sambil nunggu nonton film horror
 Sambil menunggu kedatangan maha, rio dan walyudi.. nonton film horror ah,. “Pinta beta”
Persiapan II. Pom bensin.. biasa isi bensin.. SPBU undip.
wals-rio-aku-maha
 Sempatin diri foto-foto lagi, sambil nunggu irfa yang sedang pergi jemput temen saku kampungnya..

                Tunggu dulu, setiap melakukan kegiatan/pergi-pergi jangan lupa doa dulu...
Bismillahirrrahmanirrahimmm.... berangkat mamen....

                Kota demi kota kita lewatin, menatap arel persawahan yang begitu luas nan hijau.. jauh dari perkotaan, jauh dari klakson mobil-mobil ala pejabat-pejabat berduit.. haha

                Perjalanan lumayan mengesankan, jalan sepi.. ouhhh jangan harap aksi WALYUDI, MAHA dan IRFA diam membisu memperhatikan jalan.. enggak!!! Seperti biasa kebut-kebutan, balap bak pembelap profesional.. sepertinya mereka gak niat masuk peternakan deh, mereka mungkin ingin jadi pembalap.. hahaha.. begitu pula aku sih sebenernya.. mungkin gara-gara boncengin cewe.. makanya sok terlihat “anteng-anteng’ gak banyak tingkah, padahal mah.. klo sendiri.. si merah udah tak ajak terbang.. sampe nyungsep nyungsep gak masalah!!!
                Tiba di Kendal, entah kenapa si merah ngambek.. ban motor belakang bocor!! Huuuh malu-maluin bener.. “kenapa harus bocor pikirku?? Sambil menendang motor merah ini..”
Dengan nada canda aku bilang “waah malu-maluin nih si merah, udah tau boncengin cewe spesial, pake bocor segala” :D .. ahaha, garnis tetep tersenyum..”
                Dan akhirnya jemputan pun datang, aksi pahlawan kesiangan dari Maharullah menawarkan untuk ganti motor, niatannya baik tuuuh.. dia pake si merah semetara aku sama garnis yang pake motornya “si biru”.. oke alhamdulillah.. “sahabat baik adalah maharullah”.. good job!!
suasana saat menunggu si merah di tambal
                 Setelah si merah sembuh dari ngambeknya perjalanan dimulai..
Kami berangkat berdelapan, menggunakan 4 motor.. kalian tahu? Kenapa kok gak pake mobil, atau kereta barang kali?/ hahaha.. namanya tour..
Tapi di balik semua itu, nilai sosial di antara individu bakal tercipta kawan, kebersamaan, kekompakan dan saling peduli sama lain.. (bagi kalian yang mau touring pake motor aja!!!)
Singkat cerita, akhirnya kita sampai di pekalongan.. tepatnya dirumah IRFA.. sekitar jam 14.00 WIB..
Perkenalan pun tak terhindarkan dengan orang tua dan seisi rumah IRFA..
“senggol adek Quinnisa ****** Azurra” nama yang indah dan tentunya panjang.. panggilan aza..
si kecil aza dan walyudi
 Dia sepupu nya irfa, gadis kecil, imut, lucu dan pemberontak ini sangat senang saling jail-jail in sama WALYUDI.. dan ini dia si penyayang anak kecil “garnis”.. aku baru tahu.. hehehe

Sembari mereka beristirahat...
teparnya walyudi
Aku sam irfa jalan-jalan dulu tentunya, haha.. “asem, jalan-jalan ke bengkel tau”..
Ke bengkel hanya untuk ganti ban si merah.. “aku gak sanggup fa, mending ini ban diganti biar pun bayar berapapun.. dari pada nanti anak orang yang aku boncengin jatuh” sahut ku sama irfa..
Dengan gaya khas nya irfa mengganguk tersenyum sempit :D

Suasana kekeluargaan mulai terasa, dari tidur bareng.. uppps cewe ya tidurnya bareng cewe lah... ini dia ada sedikit foto : tumbangnya preman kita mister wals..

Pukul 16.00 lebih.. ini saat nya kita untuk jalan-jalan di kota pekalongan!! Horeee teriak beta..
Tempat pertama yang kita kunjungi adalah pantai (namanya lupa lagi).. hehe maklum sedikit pelupa.. pantai ini lumayan bagus juga, gak jeek-jelek amat, pasir besi, pemandangan disekitar pesisir pantai dari ujung di tumbuhi pohon cemara.. yah lumayan lumayan..
Ini dia aksi narsisme 8 orang di pantai lupa nama.. haha..
top jempol

mode tatap langsung : walyudi bayammmmm

ekspresif

hoaaaaa

2 personil PPT (para pencari takjil)

salam manis dari kamiii

ekspresif : senyum mahasiswa

dua mahasiswa luar pulau jawa : kalimantas vs lombok

huaaa....

stop action ala walyudi

stop action ala rio

dua bidadari :)

walyudi ngapain di bawah, rusak pemandangan #pisss

hei jomblo?!?!


Next....
nganter temen nya irfa pulang..
Nahh.. ini dia momen yang gokil lagi bersama si ibu gizi..
Pertama.. di tengah-tengah perjalanan dikejutkan dengan pemandangan matahari terbenam yang hendak malu menatap kami berdua diatas motor (kata-katanya) gomballll... berharap nanti bisa bertemu dia lagi dijalan..
Yang kedua.. kalian tahu apa?? NYASAR!!!!  Ini dia satu kata yang masuk daftar dalam  Curiculum Vitae kita berdua.. “hoby” banget dah...
Yaaa... mending nyasarnya di semarang, gpp masih bisa balik.. masih bisa tanya-tanya.. lah ini nyasarnya di pekalongan,. Mau tanya jalan?nama?alamat? mana bisa....
Haha, di awali dari rasa sok taunya si ibu gizi..
emm “ambil jan kiri ten” keputusan tegasnya... kali ini dia yang jadi kompasnya, sebab.. nyasar terakhir di semarang kita bisa balik karena arahannya.. dengan yakinnya aku ambil jalan kiri..belok kiri, belok kanan, muter-muter.. dengan rasa percaya diri berharap.. IRFA dan kawan-kawan berada di depan kita...
alhasil..... 100% nyasar!!! Gak ketemu-ketemu!! Waktu berbuka juga udah masuk..
nyasar di pasar pinggir jalan, yang ada bendera-bendera kuningnya.. sambil ketawa-ketawa dilihatin orang.. haha karena setiap nyasar selalu dihiasi dengan ketawa, ngakak, saling jotoslah..apa lah...
udah.. sekarang dipikiran Cuma hanya satu, BALIK..
telepon maha, dan akhirnya nemu.. eh ternyata mereka di pesisir pantai, enak-enaknya ngelihatin matahari tadi yang sempat malu sama kami.. satu momen harapan yang gak kesampean.. L
akhirnya sampe di rumah temennya irfa, batalin puasa dulu.. minum sirup, serta ditemeni roti.. lumayan lah..

rio jangan terlalu banyak makan dulu..

selamat minummm... (sirupnya kemanisan)

pikirku dalam hati “aku ketemu temen irfa baru saat ini, tadi siang di pom bensin. Tapi spontan langsung tercipta rasa kekeluargaan ini”.. 

hal lucu lagi kawan.. saat pamitan pulang kerumah irfa.. tadinya ibu temen irfa dalam kondisi sucu “habis wudhu” eh.. salamnya pun sekedar ngajungin tanagn gitu.. tau-taunya walyudi nyentuh.. batal deh.. dan akhirnya pamitannya sambil cium tangan.. haha maaf ibu wudu nya jadi batal..

sesampainya dirumah irfa..
tak lupa shlat jamaah magrib dulu..
oouhh, di ruang tamu pemirsa, kita serasa hanya membuat repot orag tua irfa.. hehehe
setelah selese sholat... hidangan berbuka ala pekalongan sudah tersedia lengkap di meja makan.. ada daging, ayam, telur, susu.. wuuiih lengkap deh ala produk peternakan.. hahaha
dalam satu meja makan tersebut kami isi semua, keluarganya irfa ternyata sudah berbuka lebih dahulu..
yaa.. ini dia lagi dan lagi, cita rasa kekeluargaan...
rio kembali beraksi di atas meja makan.. disodorkannya piring kosongnya ke arah wanita-wanita untuk di minta tolong di ambilkan sayur itu seperti halnya dalam sebuah keluarga.... “dalam hati pikirku, sialan rio mulai lagi dia, cari perhatian atau ngelawak nih”.. tapi tetep saja kita selalau ketawa..
oooh... gak mau kalah aku juga mencoba untuk menyodorkan piringku ke garnis, dan.. hehe di ambilkan juga.. makasi garnis J
kami mencoba menjadikan malam ini menjadi malam yang indah,. Malam terakhir di pekalongan..
dan tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah alun-alun kota pekalongan..
sesampai disana,.. waaw, memang yang namanya alun-alu itu selalu ramai ya?? Alun-alun di penuhi dengan pedagang-pedagang di setiap pingir alun-alunnya.. semua jenis deh yang dijual..
ada baju, jeans, sepatu, jersey bola, mainan anak-anak, aksesoris, petasan dan masih banyak lagi...
lima orang laki-laki tangguh dengan dua bidadari cantik. Menghiasi malam penuh bintang di alun-alun pekalongan. Jalan-jalan sempit, desakan para pembeli, bau asem keringat tak terasa menyesakkan.. karena dia begitu indah!! Malam terasa milik kita bertujuh..
kalian tau biasanya yang punya hobby shoping siapa? Cewe bukan?!! Hahaha.. untuk malam ini saya tegaskan enggak!! Shoping kali ini di kuasai penuh oleh 5 laki-laki tangguh..
yang pertama : aksi rio, walyudi dan maha yang menawarkan baju jersey tim favorit mereka..
rio : mancester city
maha : ac milan
walyudi : arsenal ya??
Ohhh... setiap ada pertandingan antar tim mereka.. huuuh perang dunia tak terhindarkan.. adu mulut, adu jotos, adu argument emm.. sengit!!!

Lorong demi lorong pasar kami jelajahi hingga sampai di tengah-tengah alun-alun...
di tegah-tengah ini cuma adaorang yang jualan petasan dan wahana pasar malem brooo..
tanpa ragu aku menghampiri salah satu penjual petasan tersebut.. “pokoknya malam ini harus meriah tegas ku pada rio”..
seperti biasa tawar menawar petasan.. dan akhirnya menguras dompet sekitar 30.000 rupiah.. dapet petasan besar satu, dan yang kecil panjang 2.. mantap mantap...
walyudi : bung.. aku meh golek petasan sing cilik kui..
rio            : sing ndi to?/ jawab rio dengan nada baru bisa bahasa jawa..
walyudi : kui.. sing cilik, nggowo bos khairul di kelas.. (hahaha, aku lupa bahasa jawanya)

pendek cerita... akhirnya walyudi beli petasan kecil mungil..
deskripsi petasan ini : hidupinnya gak pake api, cara kerjanya cukup di lemparkan saja...
(pikiran jahat walyudi : melemparkan petasan kecil tersebut ke kepala kami)... sialll jawabku...
Selama perjalanan di alun-alun.. kami selalu di lempar dengan petasan kecil itu.. gak mau kalah, rio akhirnya beli juga.. dan sekarang imbang.. jawab rio...
Etsss... dua bidadari itu kemana?? Tanya walyudi...
Eh ternyata meraka lagi pilah-pilih sendal... akhirnya mereka belanja juga..
Ini fotonya bung...
di pilih di pilih, sendal murah meriah tahan banting

keributan di tengah lapangan

asik to??

emmmm... upps

nah ini dia petasannya.. aku yang gede bung

sendalnya udah di pilih ya, oke foto dulu..

pilih mana yang gede apa yang kecil


Setelah selesai dengan belanjanya ala cewwe.. kami pun beranjak dari alun-alun.. next... lapangan “jatayu”... lapangan  apa itu,  tanyaku sama irfa?? “oh rahasia ten” jawabnya.. ntar lhat saja..

Sesampai di Jatayu,..
Ooohhh ini to.. ternyata tempat ini adalah hanya lapangan terbuka besar di tengah-tengah kota pekalongan.. satu hal yang membuat lapangan ini menarik adalah.. terdapatnya tulisan “BATIK” raksasa di salah satu pojok lapangan ini.. objek inilah yang menyebabkan banyaknya pengunjung yang mendatangi tempat ini.. hanya untuk sekedar berfoto-foto..
beta A


kita juga mau nyoba foto disini dong..

walyudi juga gak mau kalah nih...

ini dia tulisan BATIK-jatayu

foto rame-rame bareng anak-anak kecil

ala boy band

eh, anak kecil ngapain ikut lagi

ATI, nama ku ati :)


Dan tempat inilah tempat yang cocok untuk menyalakan 3 petasan tadi...
Oke dimulai dari yang kecil....
Mana korek? Tanyaku.... walyudi menyodorkan koreknya.. haha oke bunng...

2 petasan kecil kami nyalakan...
Tus... tus... tus... hahaha bunyinya gak “ngeh” banget deh.. bikin ngakak anak kecil disekitar kami...
Oke.. this time to the biggest...
Sssssttstts.... ciuuuu.... duarrr...
Sssssttstts.... ciuuuu.... duarrr...
Sssssttstts.... ciuuuu.... duarrr...
Bunyi yang ketiga.. waaah ini dia baru petasan..terlihat indah..

Pukul 23.30 WIB.. maen petasan berakhir.. dilanjutkan dengan ngopi ala mahasiswa..
Ngopi dipinggir jalan.. sambil maen poker.. huuuh kesan negatif sih sebenarnya.. malu juga seharusnya jadi mahasiswa..

Sekitar jam 24.00 WIB, hujan pun turun dengan tidak derasnya kawan...
Yang membuat kami menykupkan ngopi-ngopi malam itu...

Moment yang tak akan ku lupakan......
Saat perjalanan pulang, tepat di pojokan jalan lapangan jatayu.. lagi lagi si merah buat onar, si merah terpeleset dan jatuh... kalau sendirian sih gak kenapa2.. aku jatuhnya sama si garnis..
(moment saat motor “si merah jatuh”.. saat ban belakang mulai tergelincir.. dan akhirnya jatuh dalam posisi kiri bagian bawah.. aku mencoba untuk menahan seretan dari si merah dengan menahannya dengan tangan dan kaki kiri ku..dan tangan kanan ini untuk menggapai si garnis supaya gak ikut terseret jatuh.. tapi apa boleh buat, tekanan serta kecepatan dari motor terlalu besar dibandingkan tekanan tangan dan kaki kiri ku.. kami terseret hingga 2-3 meter ke depan)

Atmosfer menjadi panas saat hujan gerimis malam itu. Aku gak akan bisa memaafkan diriku sendiri jika sampai terjadi apa-apa sama garnis.. karena ini menyangkut janjiku dulu..
Saat ku tanya keadaannya, dia hanya terdiam.. mungkin karena shock..
Rio, maha, walyudi, irfa dan beta segera menghampiri kami yang terjatuh..

Suasana menjadi hening hingga sampai di rumah irfa.. diam, tanpa ada interaksi aku dan dia.. namun yang lain mencoba untuk menenangkanku.. dan beta pun sebaliknya ke garnis..
saat itu, seandainya apapun yang dia pinta kan ku penuhi.. hanya untuk kesembuhannya dan ketenangannya.. pikirku dalam hati.. tanpa memikirkan keadaanku saat itu.. begitu lah rasa bertanggung jawab, rasa peduli, rasa cinta...
pukul 24.00 WIB lebih akupun masih terjaga, di mana teman-teman yang lain sudah tertidur pulas.. entah apa yang merasuki pikiranku, semua hal-hal negatif, kesalahan-kesalahan yang telah aku perbuat menjadi pikiran utamaku.. aku merasa malam itu Tuhan memberikan petunjukk-Nya untuk bagaiman menjadi pribadi yang lebih baik.. sampai menjelang sahur akupun masih terjaga..
pagi itu, matahari sudah gak malu-malu lagi menatap kami, dia memberikan semangat pagi yang begitu luar biasa melelehkan rasa gundah gulana malam tadi..

siang, akhirnya kami pamitan pulang dengan keluarga besar irfa..
foto bersama keluarga
foto bersama keluarga

kewaspadaan yang sangat hebat kurasakan saat perjalanan pulang ini, “kamu harus hati-hati lagi lho ten”.. tegas garnis padaku...
berangkat.....
naaah... ini dia tujuan kita... hunting baju batik...
singgah dulu di grosir batik pekalongan...

dompet sudah menandakan ketidakmampuannya untuk bertahan di grosir, akhirnya kita memutuskan untuk pulang ke semarang...
“singgah dahulu di masjid paling besar di jalan pantura” irfa kasi intruksi..
Dan perjalanan pulang, di awali dengan doa safar.. pukul 15.30 WIB..
siap belanja?? oke sikaaat

gimana dengan baju ini?? cocok gak??

kalian berdua ngapain?? pacaran??

meh opo?? dadi wedhok yud??

siap pak satpam!! aksi gokil rio, yudi, irfa

hei hei, mau pilih yang mana? kiri apa kanan??

irfa gaya nya cooool

ekspresi manyunn

pye nek bentuk boy band ae?? cocok bertigaa


rio : ini aku duluan yang pilih, kmu mau apa si??

nahhh, ini untuk bunda di pati

hei hei hei.. selingkuh buuung








Tidak ada komentar:

Posting Komentar